Makalah Pengantar Bisnis dan Manajemen || MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah segala puji bagi allah
swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga tugas penulisan
makalah mata kuliah Pengantar Bisnis dan Manajemen dapat diselesaikan dengan tepat
waktu. Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar
nabi Muhammad saw. Yang senantiasa kita nantikan syafa’atnya di dunia dan di
yaumul qiyamah nanti.
Makalah ini disusun untuk memenuhi
tugas mata kuliah Pengantar Bisnis dan Manajemen . selain itu, tugas makalah
ini bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang materi
manajemen sumber daya manusia dan semoga kami berharap pembaca mendapatkan
sudut pandang baru setelah membaca makalah ini.
Kami menyadari makalah ini masih
memerlukan penyempurnaan terutama pada bagian isi. Segala kritik dan saran yang
bersifat membangun motivasi yang menjadikan evaluasi bagi kami dalam pembuatan
makalah selanjutnya. Apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini kami
mohon maaf.
Demikian yang dapat kami sampaikan.
Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Bandar Lampung, 17 Februari 2022
Tim Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
.......................................................................................................... 1
1.1
Latar Belakang ................................................................................................................. 1
1.2 Rumusan Masalah ............................................................................................................ 2
1.3
Tujuan Penulisan ............................................................................................................. 2
BAB II
PEMBAHASAN ........................................................................................................... 3
2.1
Pengertian ....................................................................................................................... 3
2.2 Prinsip-prinsip
MSDM ................................................................................................... 6
2.3 Tantangan MSDM .......................................................................................................... 6
2.4 Fungsi MSDM ................................................................................................................ 7
2.5 Proses MSDM ................................................................................................................. 8
2.6 Tujuan MSDM ................................................................................................................ 9
2.7
Tanggung Jawab MSDM ................................................................................................. 10
BAB III PENUTUP
................................................................................................................... 11
3.1 Kesimpulan ...................................................................................................................... 11
3.2 Saran ............................................................................................................................... 11
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................................ 12
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Persaingan antar perusahaan di era globalisasi semakin tajam,
sehingga sumber daya manusia dituntut untuk terus menerus mampu mengembangkan
diri secara proaktif, SDM harus menjadi manusia-manusia pembelajar, yaitu
pribadi-pribadi yang mau belajar dan bekerja keras dengan penuh semangat,
sehingga potensi insaninya berkembang maksimal.
Oleh karena itu, SDM yang diperlukan saat ini adalah SDM yang
sanggup menguasai teknologi dengan cepat, adaptif, dan responsive terhadap
perubahan-perubahan teknologi. Dalam kondisi tersebut integritas pribadi
semakin penting memenangkan persaingan.
Dalam menjalankan aktivitasnya, perusahaan harus memiliki
department atau bagian yang memiliki fungsi, tugas dan tanggung jawab yang
berbeda. Dalam praktiknya department yang dimiliki perusahaan biasanya terdiri
dari Department Manajemen Sumber Daya Manusia, Department Pemasaran, Department
Keuangan serta Deparrtment Produksi/Operasional. Masing-masing department atau
bagian memiliki pimpinan seorang manajer yang dibantu olehh supervisor yang
jumlahnya sesuai dengan strukur organisasi yang dimilikinya.
Mengelola SDM harus dilakukan secara benar sesuai dengan
kaidah-kaidah kemanusiaan atau kodratnya. Jika di zaman dahulu manusia atau
karyawan dianggap mesin yang yang dapat diperlakukan denga semena-mena demi mencapai tujuan perusahaan.
Manusia tidak dianggap manusia oleh perusahaan bawahan dianggap sebagai budak
yang dapat diperintah semaunya.
Pengelolaan manusia ini perlu dilakukan dengan manajemen yang
professional. Artinya harus dilakukan dengan fungsi-fungsi manajemen yang ada,
dengan pengelolaan SDM yang benar maka aktivitas perusahaan berjalan sebagaimana
mestinya sehingga mampu menghasilkana lab yang telah ditargetkan. Dengan laba
yang terus meningkat, makan akan mampu memberikan tingkat kesejahteraan yang
makin baik kepada para karyawan.
B.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan
latar belakang di atas maka permasalahan yang akan penulis rumuskan :
1.
Apa fungsi dari adanya sumber daya manusia bagi perusahaan?
2.
Apa saja prinsip yang ada di dalamnya?
3.
Bagaimana konsep kerja dari manajemen sumber daya manusia ini?
4.
Apa saja tantangan yang akan dihadapi oleh manajemen sumber daya
manusia?
5.
Apa tujuan dari manajemen sumber daya manusia?
C.
TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan
penulisan makalah ini adalah:
1.
Untuk lebih memahami tentang manajemen sumber daya manusia.
2.
Untuk memberikan pemahaman kepada pembaca tentang manajameen sumber
daya manusia.
3.
Untuk memenuhi tugas mata kuliah pengantar bisnis dan manajemen.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. PENGERTIAN
A.
Pengertian Manajemen
Manajemen
berasal dari kata “to manage” yang
artinya mengurus atau tata laksana. Sehingga manajemen dapat diartikan sebagai
cara mengatur, membimbing dan memimpin semua orang yang menjadi bawahannya agar
usaha yang sedang dikerjakan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya.[1]
Definisi
tentang manajemen dapat dikemukakan sebagai berikut:
1.
Menurut George R. Terry manajemen adalah suatu proses yang membedakan
atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan dan pengawasan,
dengan memanfaatnkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan
yang ditetapkan sebelumnya”.
2.
Menurut James A. F. Stoner manajemen diartikan sebagai proses
perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha)
anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan.
3.
Menurut Marry Parker Follet, manajemen adalah seni menyelesaikan
pekerjaan melalui orang lain.[2]
Dengan demikian, dari
beberapa definisi diatas dapat dikatakan bahwa manajemen merupakan suatu
kebutuhan yang tak terelakkan sebagai alat, teknik atau metode dalam
beraktivitas untuk memudahkan pencapaian tujuan manusia di dalam organisasi.
Manajemen diperlukan untuk mengelola sumber daya organisasi, seperti manusia,
uang, sarana dan prasarana, waktu, material, informasi, budaya organisasi,
metode dan lainya secara efisien dan efektif.
B.
Pengetian Sumber Daya Manusia
Sumber
daya manusia merupakan semua kekuatan atau potensi atau apa-apa yang dimiliki
manusia, seperti: akala budi, perasaan kasih sayang, keinginan untuk bebas
merdeka, perasaan social, bakat berkomunikasi dengan pihak lain, memiliki
cipta, rasa, karsa dan karya.
Dengan
demikian, kikta harus memahami bahwa sumber daya manusia harus diartikan
sebagai sumber dari kekuatan yang berasal dari manusia-manusia yang dapat
didayagunakan oleh organisasi. Bagi perusahaan ada tiga sumber daya strategis
lain yang mutlak harus mereka miliki untuk dapat menjadi sebuah perusahaan yang
unggul. Tiga sumber daya kritis tersebut adalah:
1.
Financial resource yaitu sumber daya yang berbentuk dana/modal financial yang
dimiliki.
2.
Human resource yaitu sumber daya yang berbrntuk dan berasal dari manusia yang
secara tepat dapat disebut sebagai modal insani
3.
Informational resource yaitu sumber daya yang berasal dari berbagai informasi yang
diperlukan untuk membuat keputusan strategis ataupun taktis.
Dari ketiga resource yang bersifat strategis tersebut, hamper semua
pimpinan besar dan modern sekarang mengakuui bahwa paling sulit diperoleh dan
dikelola adalah human resource yaitu sumber daya manusia yang mempunyai
kualitas yang pas dengan yang diinginkan oleh perusahaan.[3]
C.
Pengertian Manajemen Sumber Daya
Manusia
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani
berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai,
buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang
aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan
yang telah ditentukan. Oleh karena itu manajer harus menjamin
bahwa perusahaan atau suatu organisasi memiliki tenaga
kerja yang tepat di tempat yang tepat, dan pada saat yang tepat,
yang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang
akan menolong perusahaan tersebut mencapai sarana-sarana secara
keseluruhan secara efektif dan efisien.[4]
Berikut beberapa pengertian manajemen sumber daya manusia menurut
para ahli dalam buku R. Supomo dan Eti
Nurhayati (2018:1-8):
1.
Herman Sofyandi
Suatu
strategi dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen mulai dari
planning,organizing,leading dan controlling dalam setiap aktivitas/fungsi
operasional SDM mulai dari proses penarikan, seleksi, pelatihan dan
pengembangan, penempatan yang meliputi promosi, demosi dan transfer, penilaian
kinerja, pemberian, kompensasi, hubungan industrial hingga pemutusan hubungan
kerja tang ditunjukan bagi peningkatan kontribusi produktif dari SDM organisasi
terhadap pencapaian tujuan organisasi secara lebih efektif dan efisien.
2.
Dale Yoder
Manajemen
personalia adalah penyediaan kepemimpinan dan pengarahan para karyawan dalam
pekerjaan atau hubungan kerja mereka.
3.
Edwin B. Flippo
Manajemen
personalia adalah perencanaan, pengorganisasia, pengarahan dan pengendalian
dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan
pemberhentian karyawan dengan maksud tetrwujudnya tujuan perusahaan, individu,
karyawan dan masyarakat.
4. Drs. H. Sadili
Samsudin, MM., M. Pd.
Suatu kegiatan pengelolaan yang meliputi pendayagunaan, pengembangan,
penilaian, pemberian balas jasa bagi manusia sebagai individu anggota
organisasi atau perusahaan bisnis.[5]
Jadi MSDM dapat juga merupakan kegiatan perencanaa,
pengadaan, pengembanngan, pemeliharaan, serta penggunaan SDM untuk mencapai
tujuan baik secara individu maupun organisasi.
Manajemen sumber daya manusia
merupakan salah satu aset yang penting oleh karena itu harus dikelola
secara cermat dan sejalan dengan kebutuhan organisasi, beberapa pengertian MSDM
menurut para ahli: Mondy dan Noe mendefinisikan manajemen sumber daya manusia
sebagai pendayagunaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan-tujuan
organisasi. Malayu S.P. Hasibuan menyampaiakn bahwa MSDM adalah ilmu dan
seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien
membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat. Sementara itu
Hani Handoko mengatakan bahwa MSDM adalah penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan dan penggunaan
sumber daya manusia untuk mencapai tujuan-tujuan individu dan
organisasi/perusahaan. Menurut A.F. Stoner manajemen sumber daya manusia adalah adalah suatu prosedur
yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau
perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan
jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.[6]
2.2. PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Ø Prinsip demokrasi
Ø Prinsip The Right Man is The Right
Place
Ø Prinsip Equal Pay for Equal Work
Ø Prinsip kesatuan arah
Ø Prinsip kesatuan komando
Ø Prinsip efisiensi
Ø Prinsip efektivitas
Ø Prinsip produktivitas kerja
Ø Prinsip disiplin
Ø Prinsip wewenang dan tanggung jawab [7]
2.3. TANTANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Trend-trend seperti globalisasi dan inovasi teknologi menuntut
adanya perubahan dalam pengelolaan sebuah organisasi. Banyaknya tekanan
lingkungan global dewasa ini menuntut lebih banyak dari kebijakan manajemen
organisasi. Jika sebuah organisasi ingin mempertahankan efektivitasnya, maka
harus merumuskan kebijakan MSDM nya untuk menggabungkan perspektif-perspektif
jangka panjangnya dengan memperhatikan prestasi perusahaan, kebutuhan komunitas
dan kesejahteraan interpersonal. Secara umum ada dua jenis tantangan yang ada
dalam MSDM yaitu tantangan dari lingkungan internal dan eksternal.
1.
Tantangan Internal
Tantangan internal atau tantangan dari dalam muncul karena adanya
ADM yang mengejar pertimbangan/trade off di antaranya adalah: finansial,
penjualan, keuangan, servis, produk dan lain-lain. Selain itu dihadapkan pula
pada serikat pekerja, sistem informasi yang semakin terbuka dan budaya
organisasi.
2.
Tantangan Eksternal
a.
Sektor teknologi.
b.
Sektor ekonomi.
c.
Sektor sosio kultural.
d.
Sektor politik.
e.
Sektor internasional.[8]
kelima sektor ini didalam praktiknya saling terkait dan saling
memengaruhi satu sama lain.
Menurut Dessler (2005),
saat ini manajemen sumber daya manusia menghadapi beberapa tantangan, yaitu:
1. Globalisasi
2. Perkembangan teknologi
3. Relokasi industri
4. Sifat pekerjaan
5. Demografi tenaga kerja
2.4. FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Adapun fungsi-fungsi MSDM, seperti halnya fungsi manajemen umum (H.Veithzal Rivai dan Ella Jauvani Sagala
(2009), yaitu:
1.
Fungsi manajerial:
Ø Perencanaan (planning)
adalah kegiatan memperkirakan
tentang keadaan tenaga kerja, agar sesuai dengan kebutuhan organisasi secara
efektif dan efisien, dalam membantu terwujudnya tujuan.
Ø Pengorganisasian (organizing)
adalah kegiatan untuk mengatur
pegawai dengan menetapkan pembagian kerja, hubungan kerja, delegasi wewenang,
integrasi, dan koordinasi, dalam bentuk bagan organisasi.
Ø Pengarahan (directing)
adalah kegiatan memberi petunjuk
kepada pegawai, agar mau kerja saam dan bekerja efektif serta efisien dalam
membantu tercapainya tujuan organisasi.
Ø Pengendalian (controlling)
Adalah kegiatan mengendalikan
pegawai agar menaati peraturan organisasi dan bekerja sesuai dengan rencana.[9]
2.
Fungsi operasional:
Ø Pengadaan tenaga kerja (SDM)
Ø Pengembangan
Ø Kompensasi
Ø Pengintegrasian
Ø Pemeliharaan
Ø Pemutusan hubungan kerja
Ø Melakukan analisis jabatan
Ø Merencanakan kebutuhan tenaga kerja
dan merekrut calon pekerja
Ø Menyeleksi calon pekerja
Ø Memberikan insentif dan
kesejahteraan
Ø Melakukan evaluasi kinerja
Ø Memberikan pendidikan, pelatihan,
dan pengembangan
Ø Membangun komitmen kerja
Ø Memberikan keselamatan kerja
Ø Memberikan jaminan kesehatan
Ø Menyelesaikan perselisihan
perburuhan
Ø Menyelesaikan keluhan dan
relationship karyawan[10]
2.5. PROSES MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Proses MSDM merupakan segala proses yang berkaitan dengan upaya yang
dilakukan dari mulai perencanaan SDM, perekrutan, penandatanganan kontrak
kerja, penempatan tenaga kerja hingga pembinaan dan penngembangan tenaga kerja
guna menempatkan dan tetap memelihara tenaga kerja pada posisi dan kualifikasi
tertentu serta bertanggung jawab sesuai dengan persyaratan yang diberiakan
kepada tenaga kerja tersebut. Secara garis besar proses MSDM dibbagi ke dalam
bagian fungsi utama yang terdiri atas:
·
Human resources planning. Merencanakan kebutuhan dan pemanfaatan SDM bagi perusahaan.
·
Personnel procurenment. Mencari dan mendapatkan SDM termasuk didalamnya rekrutmen,
seleksi dan penempatan serta kontrak tenaga kerja.
·
Personnel development. Mengembangkan SDM , termasuk di dalamnya program orientasi tenaga
kerja, pendidikan dan pelatihan.
·
Personnel maintenance. Memelihara SDM ,termasuk di dalamnya pemberian penghargaan,
insentif, jaminan kesehatan dan keselamatan tenaga kerja dan lain sebagainya.
·
Personnel utilization. Memanfaatkan dan mengoptimalkan SDM termasuk di dalamnya promosi,
demosi, transfer, dan juga seprasi.
2.6. TUJUAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Meningkatkan
kontribusi produktif orang-orang yang ada dalam perusahaan melalui sejumlah cara
yang bertanggung jawab secara strategis, etis, dan sosial.
• Peningkatan Efisiensi
• Peningkatan Efektifitas
• Peningkatan Produktivitas
• Rendahnya Tingkat Perpindahan
Karyawan
• Rendahnya Tingkat Absensi
• Tingginya Kepuasan Karyawan
• Tingginya Kualitas Pelayanan
• Rendahnya Komplain Dari Pelanggan
• Meningkatnya Bisnis Perusahaan[11]
2.7. TANGGUNG JAWAB
MSDM
Tanggung jawab
utama manajemen sumber daya manusia meliputi:
A. Perencanaan
sumber daya manusia
B. Perekrutan dan
penyeleksian
C. Pengembangan
tenaga kerja (pelatihan dan pengevaluasian kinerja);
D. Memberikan
kompensasi dan tunjangan;
E. Pemberhentian
karyawan (perampingan dan outsoursing).
Dalam melaksanakan tugas tersebut, para manajer sumber daya manusia memenuhi
tujuan tersebut dengan:
A. Menyediakan
karyawan yang andal dan terlatih untuk organisasi;
B. Memaksimalkan
keefektifan karyawan dalam organisasi;
C. Memenuhi
kebutuhan masing-masing karyawan dengan memberikan kompensasi, peluang untuk
berkembang dan meningkatkan karier, tunjangan, dan kepuasan kerja.[12]
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Manajemen sumber daya manusia
merupakan faktor penting dalam sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan dan sasarannya, karena sumber
daya manusia merupakan salah satu faktor penentu berhasil atau tidaknya suatu
perusahaan dalam mencapai tujuannya. Manajemen sumber daya manusia harus
dipandang sebagai perluasan dari pandangan tradisional untuk mengelola orang
secara efektif dan untuk itu membutuhkan pengetahuan tentang perilaku manusia
dan kemampuan mengelolanya.
B.
SARAN
Kami menyadari makalah ini masih
banyak kekurangan. Maka dari itu kami menyarankan pada pembaca yang ingin
mendalami masalah manajemen sumber daya manusia, setelah membaca makalah ini
membaca sumber lain yang lebih lengkap.
DAFTAR PUSTAKA
Almasri, M. Nazar, ‘Manajemen Sumber Daya
Manusia : Implementasi Dalam Pendidikan Islam’
Dr.Masram, SE.MM.M.Pd dan Mu’ah, SE.MM, ‘Manajemen
Sumber Daya Manusia Profesional’, 2017
HARJOYO, DESILIA PURNAMA DEWI DAN, ‘Manajemen
Sumber Daya Manusia’, Tanggerang Selatan, 2019
Kawiana, I Gede Putu, ‘Manajemen Sumber Daya
Manusia “MSDM” Perusahaan’, (UNHI )Press Bali, 2020
Larasati, Sri, ‘Manajemen Sumber Daya Manusia’, Yogyakarta,
2018
SAMPURNO WIBOWO, S.E., M.Si, ‘Pengantar Manajemen
Bisnis Introduction To Business Management’, Bandung, 2009
Supomo, Eti nurhayati, ‘Manajemen Sumber Daya
Manusia’, Bandung, 2018
[2] DESILIA PURNAMA DEWI DAN HARJOYO, ‘Manajemen Sumber Daya Manusia’, Tanggerang Selatan, 2019. Hal 2
[3] DESILIA PURNAMA DEWI DAN HARJOYO, ‘Manajemen Sumber Daya Manusia’,
Tanggerang Selatan, 2019. Hal
3
[4] SE.MM Dr.Masram, SE.MM.M.Pd dan Mu’ah, ‘Manajemen
Sumber Daya Manusia Profesional’, 2017. Hal 2
[5] Eti nurhayati Supomo, ‘Manajemen Sumber Daya Manusia’,
Bandung, 2018. Hal 107
[6] Sri Larasati, ‘Manajemen Sumber Daya Manusia’, Yogyakarta, 2018 hal 6
[7] M.Si SAMPURNO WIBOWO, S.E., ‘Pengantar Manajemen Bisnis Introduction To
Business Management’, Bandung, 2009. Hal 107
[8] I Gede Putu Kawiana, ‘Manajemen Sumber Daya Manusia
“MSDM” Perusahaan’, (UNHI )Press Bali,
2020. Hal 8-9
[9]I Gede Putu Kawiana, ‘Manajemen Sumber
Daya Manusia “MSDM” Perusahaan’, (UNHI )Press Bali, 2020. Hal 11
[10] M.Si SAMPURNO WIBOWO, S.E., ‘Pengantar Manajemen Bisnis
Introduction To Business Management’, Bandung, 2009. Hal 107
[11]M.Si SAMPURNO WIBOWO, S.E., ‘Pengantar
Manajemen Bisnis Introduction To Business Management’, Bandung, 2009. Hal 106
[12] M. Nazar Almasri, ‘Manajemen Sumber Daya Manusia :
Implementasi Dalam Pendidikan Islam’.
0 Response to "Makalah Pengantar Bisnis dan Manajemen || MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA"
Posting Komentar